Alasan Kenapa Kamu Harus Nyontek


Sebagai mahasiswa yang udah expert banget dalam kehidupan perkuliahan. Soal nyontek menyontek mungkin udah gue rasain selama masih di bangku perkuliahan. Kata orang - orang, banyak jalan menuju cina. bisa lewat laut, bisa lewat darat atau bisa juga pake baling bambu doraemon. Nah, begitu pun dalam mendapatkan nilai bagus, menyontek juga banyak alasannya. 

Buat kamu yang suka nyontek tenang aja, belum ada undang-undang melarang untuk menyontek. jadi nggak bakal jadi pidana hehe. Nah, jadi apa yang memotivasi kamu untuk menyontek. dan ada beberapa alasan untuk menyontek.

Nggak Bisa
Alasan kita nyontek itu simple banget, karena kita nggak bisa ngejawab pertanyaan yang ada di lembar soal. Kalau kita bisa ngejawab, pasti kita nggak bakalan nyontek. Bahkan biasanya, kalau kita bisa ngejawab soal, kita malah nggak mau dicontekin.


Males Mikir
Karena males mikir, kita jadi lebih milih untuk nyontek. Orang-orang yang males mikir dan lebih milih nyontek ini, adalah tipe orang yang menganut paham “mikir less, nyontek more”. Makanya, daripada pusing-pusing mikir lebih baik dia nyontek aja.


Terobsesi Buat Dapet Nila Gede
Kita semua pengen dapetin nilai bagus. Tapi terobsesi untuk dapet nilai bagus, nggak semuanya. Ada yang saking nggak mau salahnya, dia rela ngelakuin apa aja biar nilainya sempurna. Nah, salah satu cara biar nilainya perfect itu adalah dengan nyontek. Huh, padahal percuma yah nilainya 100 tapi hasil nyontek mah.


Karna Ada Kesempatan
Kamu tahu jargon Bang Napi yang terkenal itu? Bang Napi bilang, kejahatan terjadi bukan karena niat pelakunya, tapi karena ada kesempatan. Nah, nyontek juga gitu. Mungkin awalnya kita nggak ada niatan buat nyontek, tapi karena pas ujian tiba-tiba pengawasnya keluar, langsung deh kita nyontek.


Lemahnya Iman
Kalau lagi ujian itu, bisikan setan ada di mana-mana. Di telinga kiri, kanan, sampai bisik-bisik tetangga juga ada. Setan-setan itu, menggoda kita untuk nyontek ke temen kita yang jenius. Bisikan itu makin keras ketika kita belum bisa jawab soal padahal waktu ujian bentar lagi habis. Lalu karena kurangnya keimanan kita, maka terjerumuslah kita pada godaan setan yang terkutuk untuk nyontek ke temen kita yang pinter itu.

Jadi sodaraku, perbanyaklah ibadah agar kita semua terjauh dari hal-hal negatif seperti menyontek dan sejenisnya.

Ya, itulah alasan-alasan umum kenapa orang suka menyontek. Kamu sendiri suka nyontek nggak? Alasanmu apa? Tambahin juga alasan lainnya ya!

4 comments:

  1. Bertobatlah kau kak, jangan lemah lagi imannya #bukanmamahdedeh

    ReplyDelete
  2. Bahahah.. :D

    Biasanya sih karena ngga tau.. Tapi ada jugak temen yang pelit ngasih contekan tuh. Nyebelin banget. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asli beb !!
      kalo bisa kita pites2 aja heheh. tapi yang pelit kasi contekan biasa nggak bakal jadi apa apa hehe
      yaa kan beb ... hahha

      Delete

Terimakasih buat kamu yang baca, mohon beri komentar yang baik, dengan bahasa yang sopan dan mampu menambah wawasan ya.. Biar kalo dibaca adik-adik yang masih kecil, nggak bakal bikin mereka trauma.. SEMUA komentar kalian PASTI GUE BACA dan GUE BALAS Terima kasih untuk pengertiannya.. :) Jangan komen macam-macam ntar gue HAPUS.
Haha! Becanda! Terserah lo mau komen apa, kalo gak sopan, gue hapus! :p

Emoticon : :) | ^_^ | :-d | :-bd | @@, | \o/ | :( | ;) | :D | =D | :p |

© 2011-2018. Editor dan Ilustrator @ikhsanicus